Rabu, 27 Mei 2009

Model pelatihan

KEBERADAAN DAN KEPENTINGAN PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN UNTUK PEMBINAAN
PROFESI GURU


Oleh

Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha



Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberadaan dan kepentingan pengembangan model-model pelatihan untuk pembinaan profesi guru, yaitu mdel pelatihan pembelajaran dan asesmen inovatif, model pelatihan lesson study, dan model pelatihan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain survey di seluruh kabupaten/kota dengan sampel 18 sekolah dan 54 guru SMP, dan 18 sekolah dan 54 guru SMA di Bali. Data penelitian yang diperlukan adalah keberadaan dan pentingnya model-model pelatihan yang dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Data pengalaman kepala sekolah melakukan pembinaan profesi guru yang dikumpulkan dengan wawancara dan data pengalaman guru mengikuti pelatihan yang dikumpulkan dengan angket. Data pengetahuan konseptual guru tentang pembelajaran dan asesmen inovatif, lesson study, dan penelitian tindakan kelas dikumpulkan dengan tes dan data perolehan belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Semua data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukannya model- model pelatihan yang standar. Rencana dan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang dibuat guru belum mencerminkan penerapan pembelajaran dan
asesmen inovatif, lesson study, dan penelitian tindakan kelas. Pengetahuan konseptual guru tentang pembelajaran dan asesmen inovatif, lesson study, dan penelitian tindakan kelas berkategori kurang. Perolehan belajar siswa berkategori kurang. Kepala sekolah sangat mendukung pengembangan model pelatihan untuk pembinaan profesi guru.

Kata-kata kunci: model pelatihan, pembinaan, profesi guru

Dapat anda unduh di sini
http://www.ziddu.com/download/4929896/MODEL_PELATIHAN.doc.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar